Adaptasi Aturan Rugby, FIFA Siap Terapkan Aturan Ketat Soal Protes Pemain Kepada Wasit

Adaptasi Aturan Rugby, FIFA Siap Terapkan Aturan Ketat Soal Protes Pemain Kepada Wasit

Adaptasi Aturan Rugby, FIFA Siap Terapkan Aturan Ketat Soal Protes Pemain Kepada Wasit

Adaptasi Aturan Rugby, FIFA Siap Terapkan Aturan Ketat Soal Protes Pemain Kepada Wasit – Kepala teknis pengembangan ofisial pertandingan FIFA, Marco van Basten mengatakan kalau sepakbola bisa meminjam aturan wasit rugby, terkait banyaknya perilaku berlebihan pemain dan manajer saat melakukan protes kepada wasit.

Bila diterapkan, aturan baru hanya memperbolehkan kapten dari kedua tim yang bisa berbicara kepada wasit, dan berlaku sebaliknya.

“Terlalu banyak pemain sekarang yang melakukan protes,” kata Marco van Basten kepada BBC (24/12).

“Saya yakin perilaku pemain akan lebih baik – kita berpikir menempatkan lagi ke aras yang benar.”

“Kita bisa belajar dari semua olahraga dan mereka juga bisa belajar dari kami – tetapi kami harus menghadapi masalah,” tegas legenda hidup sepakbola Belanda itu.

0

Awal tahun ini wasit Premier League membagi-bagikan kartu kuning dan merah di awal musim karena pemain berkonfrontasi dengan ofisial pertandintan atau menggtunakan kata-kata kasar kepada wasit demi meredam perilaku buruk pemain.

Tetapi sekarang FIFA bisa melangkah lebih jauh dengan menerapkan aturan seperti Rugby untuk menghidari protes berlebihan terhadap wasit.

Wasit dalam sepakbola dianggap banyak membarikan keputusan saat bertanding sehingga merugikan salahs satu tim. Namun, bila dengan kesepakatan kapten kedua tim maka itu tetap akan sulit dilakukan, wasit perlu membuat keputsan yang salah untuk kedua tim.

Ini juga bisa mendambah kualitas dari wasit untuk lebih berhati-hati mengambil keputusan bila tak ingin diganti saat bertanding. Pemain juga tidak akan terlalu banyak protes kepada wasit.